Hubungan Antara Minat Jurusan Dan Status Sosial Ekonomi Orangtua dengan Prestasi Belajar Siswa Kelas X Gambar Bangunan SMKN 3 Yogyakarta

Oleh : Suwarsono Abdurrouf, Volume 1 Nomor 2 Desember 2012

Abstrak
Pendidikan adalah faktor yang penting dalam membentuk generasi penerus yang dapat diandalkan. SMKN 3 Yogyakarta merupakan salah satu sekolah menengah kejuruan yang akan membentuk tenaga terampil menengah sesuai dengan bidang nya masing-masing. Peningkatan akademik dalam hal prestasi belajar perlu dicari akar masalah dan bagaimana cara peningkatannya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) hubungan antara minat jurusan dengan prestasi belajar siswa, 2) hubungan antara status sosial ekonomi orangtua dengan prestasi belajar siswa dan 3) hubungan antara minat jurusan dan status sosial ekonomi secara bersama-sama dengan prestasi belajar siswa.
Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas X Teknik Gambar Bangunan SMKN 3 Yogyakarta dengan jumlah 60 siswa. Sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik sampling proporsional, dari analisis diperoleh jumlah sampel sebanyak 52 siswa. Jenis penelitian ini merupakan penelitian expost facto. Pengumpulan data menggunakan metode angket dan dokumentasi. Instrumen penelitian yang berupa angket sebelum digunakan, dilakukan uji validitas dan reliabilitas butir instrumen. Untuk validitas instrumen diperoleh melalui judgment para ahli. Pengujian validitas dan reliabilitas instrumen menggunakan bantuan komputer program Excell. Data yang diperoleh sebelum diuji hipotesisnya dilakukan dulu pengujian persyaratan analisis yaitu normalitas dan linieritas. Pengujian hipotesis pertama dan kedua menggunakan teknik korelasi product moment sedangkan untuk hipotesis ketiga menggunakan teknik korelasi ganda.
Hasil penelitian dengan menggunakan analisis korelasi product moment menunjukkan pertama bahwa terdapat hubungan yang positif antara minat jurusan dengan prestasi belajar siswa, dengan nilai rx1y sebesar 0,238, hubungan ini termasuk kategori sangat rendah. Kedua bahwa terdapat hubungan yang negatif antara status sosial ekonomi orangtua dengan prestasi belajar siswa, dengan nilai rx2y sebesar –0,092, hubungan ini termasuk kategori sangat rendah. Hipotesis yang ketiga diuji dengan korelasi ganda menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang positif antara minat jurusan dan status sosial ekonomi secara bersama-sama dengan prestasi belajar siswa, dengan harga koefisien korelasi sebesar 0,286, hubungan ini juga termasuk kategori sangat rendah. Sumbangan kedua variabel bebas terhadap variabel terikatnya yaitu sebesar 8,20% dan sisanya 91,80% ditentukan variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Kata Kunci: Minat Jurusan, Status Sosial Ekonomi Orangtua, Prestasi Belajar

Leave a comment

Filed under Bebas

Leave a comment